Travel Warning Berbagai Negara Terkait Bencana di Jepang

Irwan Nugroho – detikNews

Tokyo – Jumlah negara yang mengeluarkan peringatan perjalanan (travel warning) bagi warganya pasca gempa bumi, tsunami, serta radiasi nuklir di Jepang makin bertambah. Setidaknya, sudah ada 26 negara yang mengeluarkan travel warning tersebut.

Kementerian Luar Negeri Indonesia sendiri telah mengeluarkan travel advisory menyusul terjadinya bencana di Jepang. Setiap warga negara Indonesia yang hendak bepergian ke Jepang wajib berkonsultasi lebih dahulu dengan Kemlu.

Berikut negara-negara yang telah mengeluarkan travel warning. Data ini dikutip dari reuters, Kamis (17/3/2011).

1. Austria. Semua warga negara Austria, khususnya keluarga dengan anak kecil yang tinggal di The Greater Tokyo/Yokohama area disarankan untuk meninggalkan Jepang atau meninggalkan kota tersebut untuk sementara. Saat ini, staf diplomatik Austria telah pindah dari kantor Kedubes Austria di Tokyo ke Osaka.

2. Australia. Pemerintah Australia mendesak warga negaranya dengan peran tidak terlalu penting untuk mempertimbangkan pergi dari Tokyo dan 8 prefektur lain di Jepang yang paling rusak akibat gempa. Namun, saran ini dikeluarkan lebih karena rusaknya infrastruktur di Jepang, bukan karena ancaman radiasi nuklir.

3. Banglades. Banglades menginstruksikan misi kemanusiaannya di Tokyo untuk merelokasi warga negara Banglades ke tempat yang aman dan bebas dari radiasi nuklir.

4. Belgia. Pemerintah Belgia merekomendasikan agar warga negaranya menghindari bepergian ke Jepang. Belgia telah mengirimkan pesawat militer ke Jepang untuk mengevakuasi warga negaranya yang tinggal di Jepang. Pesawat terebut akan tiba Jumat ini.

Sebelum bencana, setidaknya ada 1.000 warga Belgia di Jepang, namun beberapa di antara mereka sudah keluar dari Jepang.

5. Inggris. Inggris menyarankan agar warganya yang tinggal di Jepang berada setidaknya 80 Km dari PLTN Fukushima. Hari Rabu kemarin, Inggris bahkan menyarankan agar warga negaranya meninggalkan Tokyo dan daerah di utara Tokyo.

Pemerintah Inggris juga telah menyewa penerbangan komersial dari Tokyo ke Hong Kong untuk menambah pilihan bagi warga negaranya yang ingin meninggalkan Jepang.

6. Kanada. Kanada memperingatkan warganya untuk menghindari perjalanan dalam jarak 20 Km dari PLTN Fukushima dan menghindari perjalanan kurang penting ke daerah-daerah yang berdekatan dengan episentrum gempa dan tsunami.

7. Kroasia. Kementerian Luar Neger Kroasia merekomendasikan warganya untuk meninggalkan Jepang atau berpindah ke wilayah selatan Jepang. Kedubes Kroasia akan dipindahkan sementara ke Osaka.

8. Finlandia. Kementerian Luar Negeri Finlandia merekomendasikan agar warga negaranya yang tinggal di Tokyo atau daerah di utara kota itu untuk segera pergi ke wilayah selatan Jepang. Semua perjalanan ke Jepang, khususnya ke Tokyo dan Jepang bagian timur laut sebaiknya dihindari.

9. Prancis. Pemerintah Prancis mengatakan telah mengirim dua pesawat selain pesawat Air France untuk memulangkan warganya. Prancis juga mendesak warganya untuk meninggalkan Tokyo atau berpindah ke bagian selatan Jepang.

Duta Besar Prancis, Philippe Faure, mengatakan akan tinggal di Tokyo untuk saat ini dengan pengurangan pegawai 30 sampai 40 orang. Ia akan membuat keputusan jika pada suatu saatnya nanti harus bergerak.

10. Jerman. “Perjalanan nonesensial ke Jepang tidak disarankan,” kata situs Kementerian Luar Negeri Jerman.

11. Italia. Kementerian Luar Negeri Italia telah mengeluarkan nasihat kepada warga negaranya untuk keluar dari Jepang. Pemerintah berencana menyediakan penerbangan tambahan jika kapasitasnya tidak mencukupi.

12. Belanda. Kementerian Luar Negeri Belanda menasehati warganya agar tidak melakukan perjalanan ke Kantei, Tokyo, serta wilayah utara dan timur laut Jepang. Bila ada warganya yang berada di daerah tersebut, pemerintah Belanda meminta agar segera pergi.

13. Selandia Baru. Kementerian Luar Negeri Selandia Baru menyarankan warganya agar menghindari semua perjalanan nonesensial ke Tokyo dan daerah timur laut yang terpengaruh oleh bencana.

14. Filipina. Staf Kedubes Filipina yang tidak terlalu penting sedang dipulangkan, kata Dubes FIlipina untuk Jepang, Manuel Lopez. Warga negara Filipina yang ingin pulang akan dibantu oleh Kedubes.

15. Polandia. Kementerian Luar Negeri Polandia mengeluarkan penyataan yang mendesak warganya untuk menghindari semua perjalanan yang tidak perlu ke Jepang saat ini.

16. Portugal. Mengingat situasi di Jepang, warga negara Portugal yang tidak punya alasan penting untuk tinggal di Jepang disarankan untuk meninggalkan negara tersebut untuk sementara. Atau kalau tidak, berpindah ke selatan, terutama bagi keluarga dengan anak-anak atau perepuan hamil.

17. Serbia. Serbia menyerukan kepada semua warganya untuk meninggalkan Jepang dengan pesawat reguler atau menghubungi kantor Kedubes mereka di Tokyo dan mengikuti prosedur gawat darurat lokal.

18. Slovakia. Slovakia telah merekomendasikan warganya untuk tidak melakukan perjalanan ke daerah yang terkena dampak bencana di Jepang dan, kalau perlu, menunda rencana perjalanan termasuk ke Tokyo.

19. Slovenia. Slovenia telah memperingatkan warga negaranya untuk tidak melakukan perjalanan ke Jepang kecuali jika diperlukan. Perdana Menteri Borut Pahor Kamis mengatakan, Slovenia berencana memindahkan para diplomatnya dari Tokyo ke Osaka.

20. Korea Selatan. Kementerian Luar Negeri Korea Selatan telah mengeluarkan travel advisory terhadap semua perjalanan ke Fukushima dan daerah lain di utara Tokyo.

21. Spanyol. Kementerian Luar Negeri Spanyol menyedikan penerbangan dalam waktu 24 jam terhitung sejak Kamis untuk warga negara mereka yang ingin meninggalkan Jepang. Mereka juga merekomendasikan agar warga negaranya yang berjumlah sekitar 2.000 tinggal setidaknya 120 Km dari Fukushima.

22. Swedia. Pemerintah Swedia telah mengeluarkan peringatan terhada setiap perjalanan yang tidak penting ke Jepang. Kota yang disoroti adalah Tokyo dan Jepang bagian timur laut.

23. Swiss. Swiss telah mengeluarkan rekomendasi agar semua warga negaranya sementara  meninggalkan daerah krisis di timur laut Jepang serta Tokyo/Yokohama. Presiden Swiss Micheline Calmy-Rey mengatakan siap memulangkan sekitar 1.900 warganya dari Jepang. “Kami menunggu respons mereka,” katanya.

24. Taiwan. Kementerian Luar Negeri Taiwan mengatakan bahwa lansia, anak-anak, dan para ekspatriat Taiwan harus mempertimbangkan untuk meninggalkan Jepang karena risiko radiasi meningkat. Mereka juga mendesak agar seluruh perjalanan tidak penting ke Jepang ditunda.

25. Turki. Turki memperingatkan warganya menunda perjalanan nonesensial ke Jepang.

26. Amerika Serikat. AS merekomendasikan agar warga negaranya yang tinggal dalam jarak 80 Km dievakuasi atau tinggal di dalam ruangan. Kementerian Luar Negeri AS sebelumnya juga mendesak warga negara AS menunda perjalanan wisata ke Jepang.
(irw/irw)

Sumber : http://www.detiknews.com/read/2011/03/18/022229/1595056/10/travel-warning-berbagai-negara-terkait-bencana-di-jepang?991101mainnews

Posted in ,
BMPJKT

BMPJKT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate »