LSM.BMP Lakukan Sosialisasi dan Pelatihan Gerakan Toilet Higienis Kota Bekasi

Usia sekolah merupakan masa keemasan untuk menanamkan nilai-nilai perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) sehingga murid Sekolah Dasar berpotensi sebagai agen perubahaan untuk mempromosikan PHBS, baik dilingkungan sekolah, keluarga dan masyarakat.

PHBS di Sekolah adalah sekumpulan perilaku yang dipraktikkan oleh peserta didik, guru dan masyarakat lingkungan sekolah atas dasar kesadaran sebagai hasil pembelajaran,

Untuk mendukung peningkatan PHBS disekolah LSM.Bina Masyarakat Peduli / BMP telah melaksanakan Integrated Health Promotion Program / IHPP (Program Promosi Kesehatan Terpadu) melalui sekolah dasar dengan melakukan pelatihan pilar-pilar PHBS  sebagai berikut :

  • .Mencuci tangan dengan air yang mengalir dan menggunakan sabun
  • Mengkonsumsi jajanan sehat di kantin sekolah
  • Menggunakan jamban yang bersih dan sehat
  • Membuang sampah pada tempatnya

Sebagai tindak lanjut dari kegiatan tersebut dan sesuai dengan Pilar PHBS mengenai Menggunakan jamban yang bersih dan sehat,  kami akan melaksanakan program Gerakan Toilet Higienis

Sosialisasi dan Pelatihan dilakukan 2 tahap sbb :

  1. Sosialisasi &Pelatihan Tim Motivator tingkat Kota Bekasi diikuti oleh Dinas Pendidikan dan Dinas Kesehatan, IDI Kota Bekasi, PKK Kota Bekasi, UPTD SD Jatiasih, UPTD Kesehatan Jatiasih & Jatiluhur dan Kepala-kepala Sekolah.
  2. Sosialisasi & Pelatihan Motivator tingkat sekolah diikuti oleh Guru-guru UKS, UKS Puskesmas, Komite sekolah dan Posyandu

Tujuan dari sosialisasi dan Pelatihan ini adalah agar peserta sosialisasi dan pelatihan dapat menjadi Motivator Gerakan Toilet Higienis disekolah masing-masing untuk selanjutkan melatih murid-murid agar pada akhirnya menjadi agent of change dalam Gerakan Toilet Higienis.

Gerakan Toilet Higienis adalah sebuah gerakan yang diinisiasi oleh Domestos Pembersih Toilet dan Porselen sebagai bentuk komitmen mereka dalam meningkatkan level sanitasi masyarakat Indonesia lewat peningkatan sanitasi toilet sekolah di Indonesia dengan cara memberikan Pelatihan mengenai Gerakan Toilet Higienis dan membantu sekolah dengan memberikan alat dan bahan yang dibutuhkan.

Puncak kegiatan Gerakan Toilet Higienis ini akan dilaksanakan pada tanggal 18 September 2012 serentak di 380 Sekolah dasar dan akan membersihkan 1.981 toilet 18 Kota di Indonesia, melalui kemitraan dengan 7 lembaga yang salahsatunya adalah LSM.BMP untuk wilayah Jakarta Timur dan Kota Bekasi.

Kita semua dapat menyumbang Rp.1000 untuk membantu peningkatan sanitasi toilet sekolah di Indonesia dengan melakukan like pada Facebook Gerakan Toilet Higienis.

diKota Bekasi LSM.BMP bersama dengan warga sekolah akan membersihkan 54 toilet  di 17 sekolah dasar sbb :

1

Kota Bekasi SDN Jatiasih III

2

Kota Bekasi SDN Jati Asih IV

3

Kota Bekasi SDN Jatiasih V

4

Kota Bekasi SDN Jati Asih VI

5

Kota Bekasi SDN Jati Asih VIII

6

Kota Bekasi SDN Jati Asih IX

7

Kota Bekasi SDN Jatiasih X

8

Kota Bekasi SDN Jati Asih XI

9

Kota Bekasi SDN Jatirasa III

10

Kota Bekasi SDN Jatirasa V

11

Kota Bekasi SDN Jati Mekar VII

12

Kota Bekasi SDN Jati Mekar VIII

13

Kota Bekasi SDN Jati Luhur IV

14

Kota Bekasi SDN Jatisari II

15

Kota Bekasi Jati Kramat V

16

Kota Bekasi SDN Jati Kramat VII

17

Kota Bekasi SDN Jati Kramat VIII

Lembaga Terkait :

  1. Bappeda Kota Bekasi
  2. Dinas Pendidikan, Dikdas/UPTD Kecamatan setempat
  3. Dinas Kesehatan, UPTD Kecamatan Setempat
  4. UKS Kota Bekasi, UKS Kecamatan Jatiasih
  5. PKK Kota Bekasi, PKK Kecamatan Jatiasih
  6. Yayasan Unilever Indonesia
  7. Domestos Pembersih lantai dan porcelain.
  8. BMP
  9. dll
Posted in ,
BMPJKT

BMPJKT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate »