Komik Bu Menkes

Kunjungan kerja Menteri Kesehatan RI di SDN 01 Gambir pada Jumat 26 November 2010 lalu, selain dalam rangka Hari Kesehatan Nasional ke-46 juga sekaligus untuk bernostalgia mengenang saat-saat beliau bersekolah di sana. Dalam kesempatan ini juga Menkes meluncurkan buku komik “Cita dan Kawan-Kawan” karangan beliau yang menceritakan tentang permasalahan kesehatan sehari-hari yang sering ditanyakan oleh anak-anak sekolah.Buku komik ini diterbitkan dalam 4 judul yaitu :  Boni Bintitan, Bercak Putih Yang Mengganggu, Perjalanan Makanan dan Olin Tidak Mau Menyerah.

Menteri Kesehatan juga berkesempatan menyampaikan sambutannya yang lebih dtujukan kepada anak-anak SDN 01 Gambir agar anak-anak senantiasa menghormati para guru, melakukan hidup bersih dan sehat dengan mencuci tangan pakai sabun dan berolahraga. Selain itu ditekankan untuk terus membangkitkan minat membaca pada anak yang harus dibiasakan dan dipupuk sejak dini. Dengan membaca, jendela dunia akan terbuka.

Dalam rangkaian kunjungannya, beliau juga melakukan dialog interaktif dengan siswa sekolah dasar SDN 01 Gambir yang dipandu oleh salah seorang guru. Pertanyaan yang muncul dari anak-anak tersebut  kadang menimbulkan gelak tawa dari tamu yang hadir, karena kepolosan dan spontanitas khas anak-anak. Ada yang menanyakan umur Ibu Menteri, ada yang menanyakan cita-cita Ibu Menteri dan masih banyak lagi.

Dalam kunjungan kerja ini dihadiri juga oleh Walikota Jakarta Pusat, DR. H. Saefullah, MPd. dan pejabat di jajaran Pemda DKI Jakarta, serta para pejabat di lingkungan Kementerian Kesehatan RI. Walikota Jakarta Pusat dalam sambutannya menyampaikan bahwa Jajaran pemerintahannya sangat mengedepankan arti pentingnya kesehatan, dan sangat mendukung Hari Kesehatan Nasional yang mengambil tema “Keluarga Sehat Investasi Bangsa”.

Dokter Cilik memeragakan cara mengukur tinggi badan yang tepat didampingi oleh Ibu guru.

Kunjungan diakhiri dengan meninjau ruang Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) dan sempat mengajari para dokter kecil bagaimana cara menimbang berat badan dan mengukur tinggi badan yang tepat. Meninjau ruang kelas dan mendengarkan penjelasan dari siswa yang menjadi Jumantik tentang bagaimana mereka melakukan pemetaan di lingkungan sekolah. Sejalan dengan itu walikota mengharapankan seluruh warga Jakarta Pusat terbiasa dengan perilaku hidup bersih dan sehat. Melalui forum ini juga guru-guru di lingkungan Jakarta Pusat diajak untuk menjaga dan memelihara lingkungan dan terus melaksanakan program UKS.â–„(Nurkhalida/Setditjen)

Posted in ,
BMPJKT

BMPJKT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate »