Jakarta Susun Rencana Kontingensi Penanganan Banjir

Jakarta Susun Rencana Kontingensi Penanganan Banjir
Riana Afifah | Hertanto Soebijoto | Selasa, 3 Januari 2012 | 14:16 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) sedang menyusun rencana kontingensi banjir di lima wilayah Jakarta. Ini merupakan sebuah upaya agar warga lebih paham terkait penanganan bencana.

“Nantinya akan ada semacam peta dan panduan penanganan banjir di cancerinsurancerates.com tiap-tiap RW,” kata Kepala BPBD DKI Jakarta Arfan Arkili, di Jakarta, Selasa (3/1/2012).

Di dalam panduan tersebut, lanjutnya, akan ada penjelasan mengenai titik-titik lokasi yang aman dijadikan tempat pengungsian bagi suatu kawasan. Kemudian tertera juga nomor-nomor darurat yang bisa dihubungi oleh warga jika ada bencana yang menimpa.

“Jadi semisal ada banjir, warga tidak perlu bingung lagi ke mana harus mengungsi atau mana dapur umumnya, mana posko kesehatannya,” ujar Arfan.

Penyusunan panduan ini rencananya akan dibantu oleh organisasi asing yaitu UN OCHA (United Nations Office for the Coordination of Humanitarian Affairs). Tidak hanya itu, dinas-dinas terkait seperti Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana, Dinas Pekerjaan Umum, Dinas Sosial dan Dinas Kesehatan juga akan ikut membantu.

“Nanti PMI, PAM, dan Satpol PP juga akan ikut membantu untuk panduan penanganan bencana ini,” tutur Arfan.

Rencana kontingensi ini merupakan langkah kesiapan dari Jakarta untuk mengurangi risiko banjir yang diperkirakan akan terjadi pada awal tahun ini. Pihaknya juga akan melakukan sosialisasi kepada lurah-lurah dan ketua RW yang ada agar kemudian diteruskan kepada warganya.

Seperti diberitakan sebelumnya, berdasarkan perkiraan dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika, memasuki awal tahun, intensitas curah hujan di Jakarta akan terus meningkat. Diprediksi bulan Januari dan Februari ini merupakan puncak curah hujan di Jakarta sehingga warga diharap waspada terhadap apa pun.

http://megapolitan.kompas.com/read/2012/01/03/14164975/Jakarta.Susun.Rencana.Kontingensi.Penanganan.Banjir

Posted in ,
BMPJKT

BMPJKT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate »