Jakarta Siap Hadapi Banjir 2012

Jakarta Siap Hadapi Banjir 2012
Riana Afifah | A. Wisnubrata | Selasa, 3 Januari 2012 | 18:16 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Meski hujan turun tiap hari, kondisi Jakarta masih terpantau aman dari bencana banjir yang diprediksi akan kembali datang. Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta, Arfan Arkili, mengatakan bahwa Jakarta siap untuk menghadapi banjir.

“Dengan segala persiapan yang sudah dilakukan untuk menghadapi banjir, intinya Jakarta siap,” kata Arfan, di Jakarta, Selasa (3/1/2012).

Setiap kelurahan yang ada di 62 titik lokasi rawan genangan sudah siap untuk mengantisipasi banjir. Bahkan beberapa titik yang dulu sering banjir, seperti kawasan Kelapa Gading dan Duren Sawit, saat ini dapat dikatakan sudah terbilang aman dari banjir.

Mengenai lokasi yang paling rawan terhadap banjir, Arfan mengungkapkan bahwa kondisi masing-masing lokasi beragam dan respons warga juga bermacam-macam sehingga tidak dapat ditentukan lokasi paling rawan di Jakarta.

“Saya tidak bisa mengatakan mana yang paling rentan karena semua bergantung pada warga dan kondisi lingkungannya,” ujar Arfan.

Ia memberikan contoh seperti di Bukit Duri, jika tinggi muka air di Katulampa sudah Siaga III maka 12 jam kemudian Bukit Duri sudah banjir setinggi betis orang dewasa. Namun, biasanya warga di kawasan tersebut sudah dapat mandiri dan paham langkah apa yang harus diambil.

“Di Bukit Duri, banjir setinggi 1 meter, warga masih bilang aman. Coba kalau misalnya di Pondok Indah, banjir belum sampai 1 meter saja, warga pasti sudah teriak-teriak,” ungkapnya.

“Terkadang ada juga daerah yang Siaga III sudah tergenang. Tapi ada pula yang Siaga I sudah tergenang. Intinya, Jakarta sudah siap,” jelasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Pemprov DKI juga berupaya mengatasi genangan di ruas-ruas jalan yang berjumlah 123 titik. Pada tahun 2010 sudah diselesaikan 39 titik genangan dan pada tahun ini tengah dilaksanakan, agar 84 titik genangan bisa dituntaskan. Dan, saat ini tinggal tersisa 62 titik genangan di Jakarta.

http://megapolitan.kompas.com/read/2012/01/03/18164540/Jakarta.Siap.Hadapi.Banjir.2012

Posted in ,
BMPJKT

BMPJKT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate »