AHA Centre diresmikan

Oleh Rahmayulis Saleh
Published On: 27 January 2011

JAKARTA: Pemerintah mulai mengoperasikan  AHA Centre, sebagai Pusat koordinasi ASEAN untuk bantuan kemanusiaan bagi penanganan bencana.
AHA Centre (ASEAN Coordinating Centre for Humanitarian Assistance on Disaster Management), terletak di lantai 17 Gedung I BPPT, Jl. Thamrin Jakarta.  “Tujuan pendiriannya untuk memfasilitasi cancerinsurancepolicies.com kerja sama dan koordinasi antara negara-negara ASEAN, dengan PBB, dan juga berbagai organisasi internasional lainnya, dalam mempromosikan kolaborasi regional untuk penanganan bencana,” kata Menko Kesra Agung. Laksono hari ini usai shoft lounching AHA Centre.

Menurut Agung, Indonesia diberi kepercayaan mendirikan AHA Centre. “Ini suatu trust yang besar dan perlu kita jaga bersama,” katanya. Hal tersebut kebetulan bertepatan dengan Indonesia menjadi Ketua ASEAN dari 1 Januari-31 Desember tahun ini.

Mengenai biaya operasional AHA ini nantinya, tambahnya, pemerintah Indonesia untuk sementara menyediakan sebesar Rp5 miliar setahun, sementara negara ASEAN lainnya menyumbang sebesar U$100.000 per tahun.

Keberadaan AHA Centre ini, kata Agung, harus memberikan manfaat kepada ASEAN, dan diharapkan dapat menjadi pusat koordinasi dan informasi dalam penanganan bencana.

AHA, lanjutnya, harus bisa memberikan informasi yang tepat, cepat, dan akurat bagi negara ASEAN yang dilanda bencana. AHA juga menjadi fasilitator untuk mobilisasi bantuan yang berupa tenaga, peralatan, hingga bantuan dana jika dibutuhkan oleh negara ASEAN.

“Karena itu AHA harus menjadi centre of excellence bagi penanganan bencana yang andal di kawasan ASEAN. AHA juga diharapkan memperkuat kelembagaan penanganan bencana, sekaligus sebagai pusat pengembangan SDM dan iptek kebencanaan di Indonesia,” ujar Menko Kesra yang didampingi oleh Menristek dan Kelapa BNPB.

Rencananya grand opening AHA Centre dilakukan Juni mendatang, setelah semua negara yaitu 10 negara, sudah mendantanganinya. Saat ini yang belum adalah Laos. (Alp)

http://www.bisnis.com/umum/internasional/9954-aha-centre-diresmikan

Posted in
BMPJKT

BMPJKT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate »