Kota Bekasi Peringati Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia 2012

IMG-20121015-00544eAnak Sehat dimulai dari Tangan Sehat

Bekasi, 15 Oktober 2012

Puncak peringatan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia Tingkat Kota Bekasi dilaksanakan di Sdn. Jatisari  2 Kecamatan Jatiasih berlangsung meriah, acara tersebut dihadiri oleh 700an siswa/i sekolah tersebut, 40 Kepala sekolah seJatiasih, turut hadir dan melakukan Cuci Tangan Massal bersama Walikota Bekasi DR.H.Rahmat Effendi adalah Bapak H.Ahmad Syaikhu anggota DPRD Propinsi Jawa Barat, Ibu Rina dari komisi C DPRD Kota Bekasi, Bapak Rinto dari komisi D DPRD Kota Bekasi, Ibu Dwi Pujihastuti mewakili Kepala Dinas Kesehatan Kota Bekasi, Kepala UPTD Pembinaan SD Kecamatan Jatiasih, Kepala Puskesmas Jatiasih dan Jatiluhur, Bapak Camat Jatiasih dan Lurah Jatisari

Setiap tanggal 15 Oktober ditandai dengan perayaan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun (HCTPS), yang dimaksudkan untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman akan pentingnya cuci tangan pakai sabun (CTPS) sebagai cara yang efektif dan terjangkau untuk pencegah penyakit. Pada tahun 2012 ini, Indonesia bersama lebih dari 70 negara lainnya memperingati HCTPS yang kelima. Acara peringatan ini merupakan bukti komitmen kita untuk mewujudkan derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya.

Walikota Bekasi dalam sambutannya mengatakan Dengan semakin banyaknya anak yang melakukan CTPS, maka akan memberikan kontribusi signifikan terhadap pencapaian Tujuan Pembangunan cancer.med.nyu.edu Millenium (MDG) no.4, yaitu menurunkan angka kesakitan dan kematian bayi dan anak di bawah usia 5 tahun hingga 23 per 1000 kelahiran hidup di tahun 2015.

Untuk itu, Beliau mengajak setiap warganya terutama anak-anak untuk membiasakan diri melakukan cuci tangan pakai sabun sebagai pola hidup bersih dan sehat yang nantinya akan tertanam kuat di diri pribadi anak-anak dan anggota keluarga lainnya.

”Hari ini pun saya merasa sangat bangga karena dokter kecil dari Kecamatan Jatiasih di waktu yang bersamaan juga memandu kegiatan yang sama di 3 tempat yang berbeda yaitu di kantor Pusat Unilever Jl.Gatot Subroto, Kantor Unilever Markas Besar Angkatan Udara Pancoran Jakarta dan Pabrik Unilever Cikarang, jumlahnya 60 dokcil”, lanjutnya.

Dokcil tersebut berasal dari Sdn.Jatiasih 10, Sdn.Jatirasa 5, Sdn.Jatisari 2, Sdn.Jatimekar 8 dan Sdn.Jatikramat 8 merupakan sekolah yang mendapat dampingan dari LSM.Bina Masyarakat Peduli (BMP) bersama Puskesmas Jatiasih, pungkas M.S.Hakim Direktur Eksekutif  BMP.

Pendukung utama HCTPS ini adalah Kemitraan Pemerintah-Swasta untuk Cuci Tangan Pakai Sabun (KPS-CTPS), dapat dilihat di www.globalhandwashing.org. Di Kota Bekasi, KPS-CTPS adalah kemitraan dari berbagai pemangku kepentingan untuk mendukung upaya pemerintah menurunkan angka kematian dan kesakitan anak balita karena diare, pneumonia, dan penyakit menular langsung lainnya, melalui mekanisme kemitraan. Beberapa kegiatan perayaan HCTPS 2012 yang sudah dijalani sejak pekan lalu yang dilaksanakan oleh BMP (LSM.Bina Masyarakat Peduli), Oxfam, Unilever, Dinas Kesehatan Kota Bekasi dan Dinas Pendidikan Kota Bekasi antara lain Talkshow mengenai  Kecacingan, Pengobatan, Pencegahannya dan peran CTPS, serta Workshop peningkatan fasilitas CTPS dimasing-masing sekolah (12 Sekolah Dasar) dan praktek CTPS dalam keseharian, Lomba mewarnai, lomba menggambar dan lomba drama terkait tema tersebut.

Ayo biasakan cuci tangan pakai sabun!

(msh)

BMPJKT

BMPJKT

One thought on “Kota Bekasi Peringati Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia 2012

  1. Sukses buat BMP…..di hari Cuci Tangan Pakai Sabun.
    mhn maaf tdk bisa hadir, krn pimpinan banyak kegiatan….
    salam slalu…. Bravo BMP

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate »